Skip to content

Media Blu-ray Telah Hadir di Indonesia

Sejalan dengan semakin pudarnya format media optik HD-DVD, dukungan terhadap format media optik Blu-ray yang dirintis Sony mulai datang dari berbagai produsen media optik. Dampaknya ,bahkan dapat dirasakan di Indonesia.
Imation Cop Melalui PT. Datascrip belum lama ini meluncurkan media optik blu-ray “TDK life on Record”. Media Optik ini tersedia dalam keping berjenis BD-R (recodable) dan BD-RE (rewritable).
Masing-masing memiliki kapasitas penyimpanan hingga 25 GB untuk versi single layer dan 50 GB untuk versi double layer. Sebagai gambaran, sekeping BD-R (single layer) sanggup menyimpan video High Definition (HD) 1080i berdurasi 270 menit.
Ditunjang dengan teknologi hard voating DURABIS 2, TDK Life on Record akan aman dari berbagai kontaminasi, seperti sidik jari dan goresan fisik (baret).
“Media optik Blu-ray merupakan lompatan besar dari DVD yang ada saat ini serta menambah keragaman media untuk berbagai perangkat home theatre,” jelas Sylvia Liongggosari, Senior Division Manager, STATIONERY & OFFICE AUTOMATION. “Seperti halnya media DVD yang telah meningkatkan kualitas gambar dari VHS tape, media dengan definisi tinggi sekali lagi akan merevolusi home entertainment dengan teknologi optik tingkat tinggi untuk mendapatkan kepuasan dalam menikmati home theatre. Media dengan teknologi laser biru ini juga memiliki kapsitas penyimpanan data dan gambar yang tidak terkalahkan.
Majalah CHIP Maret 2008
Pertanyaan:
1. Tentukan diksi (pilihan kata) dan analisis diksi tersebut.
Jawab:
a) HD-DVD adalah salah satu format disc HD kompetitif. HD-DVD lebih dekat dengan Blu-ray daripada DVD standar. Mereka berdua menggunakan optik panjang gelombang lebih pendek (dari DVD), dan berbasis AVC/MPEG4 codec.
b) Blu-ray Blu-Ray disc adalah salah satu format yang diperuntukkan untuk optical disc, yang kebanyakan digunakan untuk menyimpan data dan video. Fungsainya sama seperti media penyimpanan yang ada di Komputer ataupun Laptop
c) C. BD-R (recodable) dan BD-RE (rewritable)
o BD-R (recodable) adalah salah satu jenis media penyimpanan eksternal pada komputer.
o BD-RE (rewritable) adalah salah satu jenis media penyimpanan eksternal pada HDTV ( High Definition Television ) yang merupakan sebuah istilah pasar untuk menandakan sebuah TV yang mampu menyajikan resolusi gambar yang lebih tinggi daripada televisi biasa. 
d) BD-R (single layer) dan BD-R (Double layer)
o BD-R (single layer) mempunyai satu buah sisi DVD permukaan yang bisa untuk tempat penyimapanan suatu data.
o BD-R (Double layer) adalah pada sisi DVD tersebut terdapat dua lapisan data. Yang pertama ditulis agak semi transparan. Gunanya agar laser dapat membaca data pada layer di dalamnya. Data yang dapat dimuat oleh DVD dual layer dapat dua kalinya dari DVD single layer. Selain itu untuk menjalankannya DVD ini membutuhkan player atau DVD-ROM yang memang mendukungnya.
e) Home theatre Sebuah home theater atau adalah sebuah teater yang dibangun di rumah, yang dirancang untuk meniru (atau melebihi) kinerja komersial teater dan perasaan, lebih dikenal sebagai bioskop rumah.
2. Kalian buat opini atau pendapat tentang kelebihan dan kekurangan artikel tersebut, berdasarkan kalimat yang digunakan, ide cerita, susunan kalimat, dan jika memungkinkan kembangkan pendapat kalian tentang kelemahan atau kelebihan artikel tersebut
Jawab:
a) Pendapat kami tentang kelebihan dan kekurangan artikel diatas adalah:
o Kelebihan dari artikel tentang Blu-ray diatas adalah dari Kebahasaan tidak terlalu sulit dan mudah dipahami bagi orang mengerti bahasa istilah yang diapakai, Isi dari artikel tersebut penjelasannya sedikit, sehingga pembaca tidak terlalu banyak untuk dibaca dari isi tersebut dan dalam bacaannya terdapat banyak kata-kata istilah. Dalam penulisan artikel diatas penulis hanya menekankan pada alatnya saja (Blu-ray).
o Kekurangan dari artikel tentang Blu-ray diatas dalam bidang kebahasaan, isi dan penulisannya banyak terdapat kata-kata istilah yang mungkin tidak dipahami bagi orang yang tidak mengerti dari maksud kata tersebut sehingga orang yang membaca artikel tersebut disibukkan dengan pencarian kata yang tidak dimengertinya.
b) Pendapat kami tentang artikel diatas, agar penulis tidak hanya mengacu pada alat yang dimaksud tetapi juga menjelaskan fungsi dari istilah-istilah yang digunakan dalam tata bahasa yang baku dan tidak mencampurkan bahasa Indonesia dengan bahasa komputer didalam artikel tersebut, agar pembaca yang tidak mengerti dari istilah-istilah tersebut dapat lebih memahami maksud dan tujuan dari artikel tersebut.

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: