Skip to content

TUGAS BHS INA 3

July 20, 2012

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1.            Latar Belakang

Klinik Bersalin Bidan Sari. Z sebagai instansi yang melayani kepentingan kesehatan masyarakat khususnya jasa persalinan, dalam pelaksanaan kegiatan administrasinya masih menggunakan sistem konvensional, sehingga masih banyak ditemui kekurangan dan kendala yang mengakibatkan suatu pekerjaan tidak dapat berjalan dengan baik.

Berbagai pengalaman pada Klinik bersalin yang menggunakan sistem konvensional menunjukkan banyaknya kehilangan kesempatan memperoleh laba akibat lemahnya koordinasi antar bagian maupun kurangnya dukungan informasi yang akurat dan terintegrasi.

Dalam era globalisasi sekarang ini, Klinik bersalin dituntut untuk mampu meningkatkan kinerja dan daya saing dengan tidak mengurangi misi sosial yang diembannya. Instansi tersebut harus merumuskan kebijakan-kebijakan strategis  yang diharapkan dapat mengambil keputusan secara cepat dan tepat dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Keberadaan Klinik bersalin yang letaknya ditengah pemukiman padat penduduk, posisinya mempunyai peranan yang cukup strategis. Untuk itu dalam mengawasi kegiatan operasional, dibutuhkan dukungan sistem informasi yang baik seiring bertambahnya jumlah pasien.

Yang tidak kalah pentingnya dan harus diperhatikan adalah  bagaimana sistem tersebut dapat bekerja untuk memenuhi kebutuhan user. Oleh karena itu sistem  yang baik harus menjamin tingkat akurasi dan dapat menyaring serta mengklarifikasi data menjadi suatu bentuk informasi yang handal.

Dalam perancangan sistem informasi yang akan diimplementasikan, nantinya memproses dan mengintegrasikan alur proses bisnis layanan kesehatan dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara cepat, tepat dan akurat. Sistem Informasi Manajemen (SIM) berbasis komputer merupakan sarana pendukung yang sangat penting, bahkan bisa dikatakan mutlak.

 

1.2.            Masalah

Dari riset yang dilakukan penulis selama menganalisa sistem berjalan di Klinik Bersalin Bidan Sari. Z dapat penulis uraikan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Adanya kesulitan  pencarian  identitas pasien dikarenakan  data  tersebut  masih  tersimpan secara manual.
  2. Kurang terjaminnya keakuratan data.
  3. Lamanya waktu yang diperlukan dalam melakukan pengumpulan data.
  4. Tidak adanya penyajian laporan yang komprehensif sehingga menyulitkan pimpinan dalam melakukan pengambilan keputusan.

Dari kendala-kendala di atas maka perlu dicari jalan keluarnya. Salah satu cara untuk mengatasinya  adalah  dengan menggunakan komputer sebagai  alat bantu  dalam memperbaiki sistem manual yang sedang berjalan. Diharapkan dengan adanya sistem informasi yang baru ini, maka semua kegiatan pelayanan di Klinik Bersalin Bidan Sari. Z  dapat berjalan lebih baik. Alasan lain dilakukannya penggunaan komputer adalah semakin ketatnya persaingan dan perkembangan yang cepat dewasa ini.

 


 

1.3.            Tujuan Penulisan

Selain merupakan salah satu syarat tugas akhir dalam Semester VI Universitas Guna Darma, penulisan ini juga bertujuan untuk memberikan pelayanan  dan  mengatasi seluruh permasalahan seperti :

  1. Mempermudah proses pelayanan administrasi pasien sehingga menghemat waktu dalam kegiatan operasional sehari-hari.
  2. Mendapatkan informasi tepat pada waktunya dalam bentuk yang mudah dipahami untuk pemakai sehingga dapat meningkatkan kinerja.
  3. Mampu memberikan solusi pemecahan masalah terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi oleh pengguna.
  4. Menyajikan laporan cepat dan akurat, sehingga dapat mendukung dalam pengambilan keputusan.

 

1.4.            Ruang Lingkup/Batasan Masalah

Dalam penyusunan tugas akhir ini ( PI ) penulis membatasi dan memfokuskan masalah yang ada agar tidak menyimpang dari pokok bahasan, maka pada perancangan sistem ini hanya terbatas pada kegiatan administrasi pasien rawat inap dengan menggunakan acuan biaya paket ditambah adanya beban biaya diluar harga paket dengan menggunakan database Oracle dan Aplikasi Express yang terdapat pada Oracle 10G XE.

 

1.5.            Metode Penelitian

Dalam perancanaan sistem komputerisasi rawat inap ini, digunakan beberapa metode untuk memperoleh data yang dibutuhkan antara lain :

 

 

  1. Wawancara (Interview)

Metode ini dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan kepada  karyawan Klinik bersalin terutama pada bagian administrasi untuk mendapatkan data yang akurat.

            Dalam mendukung penelitian digunakan beberapa perangkat keras dan beberapa perangkat lunak. Perangkat keras yang digunakan adalah satu unit komputer pribadi dengan spesifikasi Minimal:

  1. Prosessor Intel Atom Processor N270 1,5GHz
  2. Memory minimal 2 GB
  3. Hard Disk 160 GB
  4. VGA card 8 Mbyte
  5. Soundcard

Sedangkan perangkat lunak yang digunakan adalah :

  1. Sistem Operasi Microsoft Windows Xp Professional SP 3
  2. Aplikasi Oracle Apex untuk membuat tampilan aplikasi.
  3. Menggunakan Data Base Oracle 10G sebagai database untuk menyimpan struktur data table.
    1. Pengamatan (Observasi)

Metode ini dilakukan dengan cara mengamati langsung kegiatan yang dilakukan oleh bagian-bagian yang terkait pada sistem rawat inap.

  1. Studi kepustakaan (Literatur)

Metode ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data dan mempelajari beberapa teori dari buku-buku dan literatur lainnya yang ada hubungannya dengan pokok pembahasan.

 


 

1.6.            Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan tugas akhir ini terdiri dari lima yang secara ringkas dapat diuraikan sebagai berikut :

BAB I              :  PENDAHULUAN

Bab ini membahas tentang latar belakang, masalah, tujuan penulisan, ruang lingkup/batasan masalah, metode penelitian dan sistematika penulisan

BAB II             :  LANDASAN TEORI

Dalam bab ini dijelaskan teori-teori yang berkaitan dengan analisa dan perancangan informasi, Analisa dan Perancangan yang berbasis Object Oriented serta teori yang mendukung dan aplikasi/masalah yang dibahas

BAB III           :  ANALISA SISTEM

Bab ini membahas tentang tinjauan organisasi, analisa proses sistem berjalan, analisa keluaran, analisa masukan, identifikasi kebutuhan, package diagram, use case sistem usulan, deskripsi use case

BAB IV           :  PERANCANGAN SISTEM

Bab ini membahas tentang rancangan basis data, rancangan antar muka, sequence diagram, rancangan class diagram, activity diagram per metode 

BAB V             :  PENUTUP

Bab ini berisi kesimpulan yang diperoleh dari tahap-tahap analisa dan perancangan sistem serta saran-saran yang berisi pandangan dan usulan tentang hal-hal yang dapat dilakukan.

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: